Cara Install Web Server di VPS

install web server di vps | IDCloudHost
Masih banyak teman-teman yang merasa bingung setelah membeli VPS yang sifatnya umanagement, karena semua harus di eksekusi oleh kita sendiri tanpa campur tangan penyedia VPS. Berikut kami merekomendasikan suatu service yang bernama Webuzo untuk mempermudah pemembuatan web server. Cukup simple melakukan instalisasi ini karena hanya menggunakan 3 baris perintah maka kita akan mempunyai web server yang powerfull.

Requirements

  • Newly installed CentOS 5.x / 6.x / 7.x or Red Hat Enterprise Linux 5.x / 6.x / 7.x or Scientific Linux 5.x / 6.x / 7.x (x86 or x86_64) / Ubuntu LTS
  • YUM / apt-get / tar / wget packages installed
  • RAM – Minimum 512 MB (Recommended 1GB for best performance)
  • Disk Space – Minimum 5GB (Recommended 10GB for best performance)
Apabila anda ingin meginstall service Webuzo ini, kami recomendasi untuk menggunakan VPS dengan paket RAM 1 GB dengan menggunakan Centos OS.
Silahkan remote VPS anda kemudian login menggunakan root. Lalu ikuti petunjuk di bawah ini :
Apabila VPS berasal dari Indonesia, saya merekomendasikan menggunakan repo lokal agar proses bisa lebih cepat dengan menambahkan baris pada /etc/hosts, tambahkan kode dibawah ini :
45.64.97.78 s1.softaculous.com s2.softaculous.com s3.softaculous.com s4.softaculous.com
setelah di save dan keluar silahkan lanjutkan dengan proses instalisasi webuzo.
wget -N http://files.webuzo.com/install.sh
chmod 0755 install.sh
./install.sh
Mohon tunggu sampai selesai, LAMP Stack, DNS Server, serta FTP Server akan terinstall bersama service Webuzo. Apabila terlihat lambat pada instalisasi (stuck) mohon tunggu hingga muncul ‘Thank you for choosing Webuzo!’ seperti pada gambar di bawah ini :
install web server di vps | IDCloudHost
Artinya proses install telah selesai, silahkan ikuti petunjuk untuk config web server anda di http://IPkamu:2004/ akan tampil halaman seperti ini :
install web server di vps | IDCloudHost
Isi config tersebut hingga selesai, untuk versi free anda tidak perlu mengisi form license key. Klik install sampai akhirnya muncul pesan success seperti ini :
install web server di vps | IDCloudHost
Webuzo mempunyai dua panel login, yakni untuk admin dan end user. Panel admin menggunakan port:2004 dan end user menggunakan port:2002. Silahkan mencoba masuk sesuai informasi yang sebelumnya di buat.
Berikut tampilan Webuzo setelah login :
install web server di vps | IDCloudHost
Ini adalah tutorial install Webuzo yang berbentuk video :
Cukup sekian tutorial install webuzo di VPS. Apabila ada pertanyaan silahkan kirim tiket atau chat CS IDCloudHost. Semoga bermanfaat. Terimakasih

sumber: https://idcloudhost.com/install-web-server-di-vps/#kudobuzz_classic_widget_websitereviews
Previous Post Next Post